Bertemu Klien Pemasyarakatan Bapas Nusakambangan, Pembimbing Kemasyarakatan Lakukan Pembimbingan di Baladewa

    Bertemu Klien Pemasyarakatan Bapas Nusakambangan, Pembimbing Kemasyarakatan Lakukan Pembimbingan di Baladewa
    Bertemu Klien Pemasyarakatan Bapas Nusakambangan, Pembimbing Kemasyarakatan Lakukan Pembimbingan di Baladewa

    Nusakambangan - Wajib lapor klien pemasyarakatan atau yang biasa disebut dengan apel merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh warga binaan yang telah mendapatkan haknya untuk pemberian program integrasi. Program integrasi yang diterima oleh warga binaan yang telah menjadi klien seperti program Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB), dan Cuti Menuju Bebas (CMB).

    Klien pemasyarakatan yang berada di wilayah kota dan kabupaten Cilacap serta sekitarnya merupakan klien yang berada di bawah bimbingan Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Oleh karena itu, klien memiliki salah satu kegiatan yang harus dilakukan yaitu wajib lapor setiap bulannya kepada Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan. Namun karena Bapas Nusakambangan terletak di pulau Nusakambangan, klien membutuhkan waktu dan biaya  yang untuk sampai ke kantor balai pemasyarakatan. Dikarenakan alasan tersebut, Bapas Nusakambangan memiliki terobosan untuk membentuk ruangan di dermaga Wijayapura yang dinamakan BALADEWA yang berarti "Bapas Nusakambangan Melayani di Dermaga Wijayapura". Ruangan ini ditujukan untuk para pengguna layanan (klien Pemasyarakatan) yang akan melakukan wajib lapor setiap bulannya. Tidak hanya itu, ruangan BALADEWA juga digunakan untuk para warga binaan yang berasal dari Lapas Kelas IIB Cilacap yang memiliki hak untuk mendapatkan program integtrasi.

    Selasa (17/10/2023) Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Nusakambangan melaksanakan piket di ruangan Baladewa guna menyambut klien yang akan melakukan apel yang merupakan kewajiban dari klien pemasyarakatan. Klien yang berkunjung berasal dari seluruh wilayah di kabupaten Cilacap mulai dari kota Cilacap  hingga daerah yang jauh dari pusat kota. Namun jarak tidak menjadi masalah, dimana klien tetap bersemangat untuk melakukan apel di ruangan Baladewa dan bertemu dengan Pembimbing Kemasyarakatan untuk mengobrol. Tidak hanya itu, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan juga berbincang-bincang kepada klien mengenai kegiatan sebulan sebelumnya apakah adanya kegiatan yang bermanfaat dan peningkatan dari kegiatan yang dilakukan oleh klien. Klien yang datang untuk melakukan kegiatan wajib lapor langsung dilayani oleh duta layanan yang siap siaga mendampingi klien mulai dari dermaga Wijayapura hingga di dalam ruangan Baladewa. setelah itu, para klien mengisi survey kepuasan yang bertemakan mengenai pelayanan yang diberikan oleh Bapas Nusakambangan kepada klien yang telah hadir. Para klien mengaku bahwa mereka puas dengan layanan yang ada di dalam ruangan Baladewa Bapas Nusakambangan karena memudahkan klien dalam melaksanakan kewajibannya. Duta layanan juga membantu klien yang kurang mengerti cara untuk mengisi survey Kepuasan Masyarakat sehingga dapat memasukkan nilai sesuai yang diharapkan klien mengenai layanan yang mereka rasakan selama ini.

    Rifki Maulana

    Rifki Maulana

    Artikel Sebelumnya

    Keunggulan Pelayanan: 2 Pejabat Struktural...

    Artikel Berikutnya

    PK Bapas Nusakambangan Lakukan Litmas PB...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin Mengikuti Babak Penyisihan Lomba AMSO
    Lapas Karanganyar Kirimkan Perwakilan Untuk Mengikuti Pelatihan Pengamanan Dan Intelijen Pada Lembaga Pemasyarakatan Dan Rutan
    Atasi Krisis Air, Lapas Besi segera tambah Satu Sumur Bor
    Penguatan Keamanan dan Ketertiban di Lapas / LPKA / Rutan Melalui Rapat Virtual dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah
    Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Bahas Agenda Strategis dalam Kegiatan Coffee Morning
    Kalapas Karanganyar Berpartisipasi dalam Seremony IOX Ultimate Challenge Alcatraz of Java Nusakambangan-Jogja 2024
    SINERGI!!! Lapas Karanganyar Bersama Polda Kalbar dan Kejati Kalbar Bersinergi dalam upaya proses hukum Bandar Narkoba Resiko Tinggi jaringan internasional
    Perwakilan Lapas Karanganyar Berkesempatan Mewakili Jawa Tengah dalam Rakor Humas Pemasyarakatan Se-Indonesia
    Optimalisasi Lahan Kosong oleh Tim Giatja Lapas Karanganyar Sebagai Bagian dari Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional
    Jalan Santai dan Bersih-bersih Pantai Jumat Sehat ala Lapas Cilacap
    Kakanwil kemenkumham Jateng,Tejo Harwanto Apresiasi LP Pasir Putih Latih Taruna Poltekip Kesiapsiagaan Tim Tanggap Darurat
    Tingkatkan Kompetensi Humas, Bapas Nusakambangan Ikuti Kegiatan Penguatan Konvergensi Media Era Digitalisasi Kehumasan
    Perbincangan Hangat dan Inspiratif: Coffee Morning Jajaran Pejabat Struktural Lapas Karanganyar di Awal Tahun
    Buka Rakor Timpora Provinsi Jateng, Kakanwil Tejo Harwanto Ajak Tegakkan Hukum Keimigrasian
    Koordinasi dan Sinergitas, Kakanim Cilacap Kunjungi Pengadilan Negeri Cilacap
    Peringatan Puncak HBP ke 59 dilaksanakan meriah

    Ikuti Kami